Mengenal Train Simulator LRT Jakarta: Simulasi Menjadi Masinis

Rabu, 12 Juni 2024 Di balik nyamannya layanan LRT Jakarta yang modern dan efisien, terdapat sebuah teknologi canggih yang menjadi sarana pembelajaran para masinisnya: train simulator. Alat simulator kereta ini dirancang dengan detail interior, tombol, panel, dan tampilan jalur di layar yang mencerminkan kondisi asli kabin masinis LRT Jakarta yang berguna untuk memberikan pengalaman mendalam bagi calon masinis sebelum mereka mengemban tugas utama di jalur utama (main line). 

 

Terdapat 6 unit train simulator yang dimiliki oleh PT LRT Jakarta dengan dua tipe berbeda, 5 unit di antaranya memiliki desain menyerupai personal computer (PC) sedangkan 1 unit dirancang menyerupai replika kabin masinis yang memiliki beragam tombol, panel kontrol, serta tampilan jalur yang serupa dengan kondisi sebenarnya. 

 

Selain pembelajaran menggunakan train simulator, proses menjadi seorang masinis di LRT Jakarta melibatkan beberapa tahap lainnya. Pertama, calon masinis perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan internal mengenai orientasi perkeretaapian di LRT Jakarta. Selanjutnya, mereka akan menjalani pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Train simulator menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran, di mana calon masinis dapat mengasah keterampilan lintas, menangani masalah teknis, dan mengasah profesionalisme yang diperlukan dalam berdinas. Setelah menjadi asisten masinis, tahapan terakhir melibatkan uji sertifikasi untuk memperoleh lisensi Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) LRT Jakarta. 

 

Keseluruhan pelatihan dengan menggunakan Train Simulator berlangsung selama 6 hingga 12 bulan, memastikan calon masinis siap menghadapi tantangan di lapangan dengan kesiapan dan keahlian yang diperlukan. 

 

*** 

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 

Aris Rizal Arafah | Plt. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT LRT Jakarta 

aris@lrtjakarta.co.id 

Gedung MCC - Depo LRT Jakarta,  

Jl. Raya Kelapa Nias, Pegangsaan Dua 

Kelapa Gading 

Jakarta Utara  

14250 

 

Tentang LRT Jakarta  

PT LRT Jakarta merupakan anak usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Perseroda) yang bertugas sebagai operator moda transportasi publik Jakarta yang ramah lingkungan, aman dan nyaman 

 

Memiliki visi menjadi solusi mobilitas publik terbaik di Indonesia, PT LRT Jakarta berupaya nyata memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan rute sepanjang 5.8 km dari Velodrome (Rawamangun) hingga Pegangsaan Dua (Kelapa Gading) dengan enam stasiun jalur layang. Memiliki headway atau jarak tunggu kereta selama 10 menit, melayani Pelanggan setia LRT dimulai dari pukul 05.30 – 23.00 WIB.

Artikel Terkait
Usung Integrasi Transportasi Publik, LRTJ Hadir di Jakreatifest
Kamis, 6 Juni 2024 – PT LRT Jakarta hadir dalam gelaran Jakreatifest 2024 pada Kamis (6/6) di Gran....
Meriah! Lebih dari 5.000 Pengunjung #CobainJadiMasinis di Booth LRT Jakarta di Jakarta Fair Kemayoran 2024
Senin, 24 Juni 2024 – Memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta, PT LRT Jakarta kembali berpartisipasi d....
Perkuat Kerja Sama Pendidikan Dan Penelitian, LRT Jakarta Lakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan POLTEKNAKER
Rabu, 22 Mei 2024 – PT LRT Jakarta sukses melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman atau Memor....
355 View

Situs Resmi PT LRT Jakarta

Anggota Grup JAKPRO
#LRTJ #LRTJakarta

www.lrtjakarta.co.id
www.jakarta-propertindo.com


Newsletter Subscribe